by

Manfaat PAUD Untuk Perkembangan Anak-Anak

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) – Dewasa ini, dunia pendidikan sudah cukup maju. Kalau zaman dulu sebagian besar anak-anak disekolahkan pertama kali sejak SD atau TK, tidak dengan sekarang. Kehadiran PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini sudah dikenal masyarakat dan banyak orang tua yang menyekolahkan anak mereka sejak sangat dini. PAUD sendiri, secara jelasnya adalah sebuah lembaga pendidikan bagi anak usia dini, sebelum jenjang dasar yang yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

PAUD sendiri sebetulnya mempunyai beberapa manfaat untuk anak, berikut penguraiannya:

Anak mampu bersosialisasi sejak dini

Manusia adalah makhluk sosial. Interaksi sosial ini akan sangat membantu bagi kelangsungan hidup. Dari mulai lahir sampai meninggal, manusia akan selalu berinteraksi dengan manusia lainnya. Karena itulah kemampuan bersosialisasi sangat dibutuhkan oleh manusia dan PAUD akan mengajari anak cara bersosialisasi sejak dini. Semakin awal manusia melatih kemampuan bersosialisasi melalui pendidikan anak usia dini maka semakin cepat anak memiliki kepercayaan diri dan mengatasi rasa malu. Rasa malu dan tidak percaya diri yang didiamkan terlalu lama akan menghambat perkembangan sosialnya.

Anak bisa mendapat pencapaian akademis yang lebih baik

Sebuah penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang masuk ke sekolah pendidikan pada usia dini ternyata jarang mengulang pelajaran. Selain itu, tingkat kelulusan mereka juga lebih tinggi. Hal ini disebabkan rasa ingin tahu anak-anak pra-sekolah yang umumnya lebih tinggi. Tentunya rasa ingin tahu ini akan mendorong anak-anak untuk semangat dalam belajar sejak dini.

Bisa meningkatkan minat baca anak

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki minat baca rendah. Hal ini bisa jadi dikarenakan anak tidak diperkenalkan buku ataupun huruf-huruf sejak masih sangat kecil. Karenanya PAUD bisa ikut membantuk meningkatkan minat baca anak karena cukup banyak kegiatan yang berhubungan dengan huruf-huruf dan cerita yang dilakukan. Contohnya adalah menyusun alfabet di pohon huruf, bermain flash card huruf bersama teman, menyusun puzzle, bernyanyi, juga mendengarkan dongeng.

Bisa membantu pembentukan struktur otak anak

Menurut penelitian, pada usia 5 tahun pertumbuhan otak mencapai 90% dari ukuran otak saat dewasa. Tahun-tahun awal yaitu dari 1 – 6 tahun adalah tahun yang kritis bagi pembentukan otak anak. Pengalaman yang dialami di usia demikian akan memberikan efek jangka panjang di masa depannya, karena seperti yang diketahui bahwa otak akan bisa lebih menyerap apapun yang dipelajari dan dialami pada usia anak-anak.

Anak bisa melatih konsentrasi sejak dini

Anak-anak yang sempat mengenyam pendidikan pada usia dini rata-rata akan lebih mampu berkonsentrasi saat sudah berada di sekolah dasar. Hal ini dikarenakan anak sudah terlatih daya konsentrasinya. Lingkungan PAUD bisa mendukung anak untuk berkonsentrasi tinggi, berbeda dengan dengan anak yang langsung masuk sekolah dasar dimana lingkungan tersebut terasa seperti baru belajar.

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Anak akan belajar hormat kepada yang lebih tua sejak dini

Selama belajar di PAUD, anak-anak akan dilatih untuk hormat kepada guru dengan cara yang menyenangkan dan tidak mendikte. Hal ini akan membuat anak menyadari bahwa orang yang lebih tua memang harus dihormati, terlebih kepada guru dan orang tua mereka sendiri.

Terbiasa dengan keberagaman

Selama belajar di PAUD, anak-anak akan bertemu dengan bermacam anak lainnya yang memiliki latar belakang berbeda. Senada dengan Indonesia dengan slogan “berbeda tetapi tetap satu jua”, maka lingkungan pertemanan anak di PAUD akan secara langsung mengajarkan anak bahwa mereka berasal dari latar belakang yang berbeda namun mereka tetap bisa berteman dan bermain bersama.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed